Nama SIFA FAUZIAH
NPM : 16211755
Kelas : 3EA27
Tugas ke : 5
Materi
Tugas : Contoh Kasus Mempengaruhi
Sikap dan Perilaku Konsumen
Nama Dosen : Tomy Adi Sumiarso, SE
Contoh Kasus Mempengaruhi
Sikap dan Perilaku Konsumen
I PENDAHULUAN
Seiring
dengan makin pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, penggunaan
komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin penting. Komputer saat ini
bukanlah kebutuhan tersier tapi seperti sudah menjadi kebutuhan sekunder
masyarakat. Pengguna komputer kini makin berkembang. Tidak hanya orang dewasa
namun pelajar dan anak-anak sudah paham dengan pemakaian komputer.
Trend
yang berkembang saat ini adalah komputer jinjing atau yang lebih dikenal
sebagai notebook atau laptop. Dengan adanya notebook, masyarakat dapat lebih
simpel menggunakan komputer di luar rumah atau kantor. Notebook membantu
masyarakat yang mengharuskan bekerja dengan komputer namun dengan tingkat
mobilitas yang tinggi.
Dengan
makin tingginya frekuensi permintaan dan penggunaan notebook oleh masyarakat,
banyak produsen komputer memanfaatkan peluang untuk memproduksi notebook,
dengan berbagai macam merek dan spesifikasi. Merek-merek notebook yang sudah
awam di telinga masyarakat seperti HP, DELL, Asus, Acer, Lenovo, Toshiba,
Axioo, MSI, Apple, dan masih banyak lagi.
Dari
kondisi tersebut di atas, dan semakin tingginya tingkat pendidikan dan
kebutuhan masyarakat, maka membawa pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam
pembelian laptop. Di samping itu konsumen memiliki kebebasan dalam memilih produk.
Untuk itu produsen memerlukan strategi dengan tujuan mencapai keunggulan
bersaing dan memerlukan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk.
Dalam
melakukan pembelian, konsumen tidak terlepas dari karakteristik produk baik
mengenai penampilan, spesifikasi, dan harga dari produk tersebut. Selain itu,
faktor sosial juga berperan penting. Faktor sosial dalam hal ini adalah
dorongan teman atau keluarga. Faktor promosi perusahaan juga berperan penting.
II PEMBAHASAN
Pendekatan-pendekatan
yang selama ini banyak digunakan untuk menyingkap sikap, minat, dan perilaku
konsumen mengansumsikan bahwa konsumen bersikap rasional dalam setiap keputusan
pembelian.
Perilaku
konsumen adalah tindakan langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan
menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
menyusuli tindakan ini (Engel dan Blackwell, 1994:3). Menurut kotlert dan
Amstrong yang di kutip oleh Simamora (2001:81) mengartikan perilaku konsumen
sebagai perilaku pembelian akhir, baik individu maupun rumah tangga, yang
membeli produk untuk konsumsi personal.
Dari definisi di atas dapat di ambil
kesimpulan :
1. Perilaku konsumen menyoroti perilaku
individu dan rumah tangga,
2. Perilaku konsumen menyangkut suatu
proses keputusan sebelum pembelian serta tindakan dalam memperoleh, memakai,
mengkonsumsi dan menghabiskan produk,
3. Mengetahui perilaku konsumen meliputi
: perilaku yang dapat diamati seperti jumlah yang di belanjakan, kapan, dengan
siapa, oleh siapa, dan bagaimana barang sudah dibeli dan dikonsumsi.
Segmentasi
pasar, Menurut Kotler (1991) Segmentasi pasar dalam perilaku konsumen di
pengaruhi oleh empat faktor budaya, yaitu: budaya, sosial, pribadi, dan
psikologis. Selanjutnya dari keempat faktor tersebut dapat dirinci menjadi
beberapa subfaktor. Untuk faktor psikologis terdiri dari: motivasi, persepsi,
belajar, kepercayaan dan sikap.
Dalam
menganalisis peluang pasar, pemasar perlu melalukan analisis perilaku konsumen
untuk mengidentifikasi perilaku beli konsumen dan proses pembeliannya beserta
faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian. Analisis
perilaku konsumen ditujukan untuk mempelajari bagaimana individu, kelompok, dan
organisasi dalam memilih, membeli, menggunakan barang, jasa dan ide untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Pemasar perlu mempelajari keinginan,
persepsi, preferensi, dan perilaku beli konsumen.
Tiga
faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen:
1).Konsumen Individu
Pilihan merek dipengaruhi oleh ;
Kebutuhan
konsumen, Persepsi atas karakteristik merek, dan Sikap kearah pilihan. Sebagai
tambahan, pilihan merek dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.
2).Pengaruh Lingkungan
Lingkungan pembelian konsumen ditunjukkan oleh
Budaya
(Norma kemasyarakatan, pengaruh kedaerahan atau kesukuan. Kelas sosial
(keluasan grup sosial ekonomi atas harta milik konsumen), Grup tata muka
(teman, anggota keluarga, dan grup referensi) dan (
3).
Faktor menentukan yang situasional ( situasi dimana produk dibeli seperti
keluarga yang menggunakan mobil dan kalangan usaha).
Jadi,dengan
beberapa faKtor-faktor yang sangat mempengaruhi dari keputusan konsumen untuk
membeli notebook yaitu dengan merk yang memiliki kualitas yang baik dan juga
dengan harga yang terjangkau.
III Kesimpulan
Dari
penjelasan diatas tersebut maka bisa ditarik kesimpulan bahwa perilaku konsumen
yang dilakukan individu maupun kelompok yang berhubungan dengan proses
pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang dan jasa
dipengaruhi oleh beberapa faktor dan struktur itu sendiri.Adapun juga tingkat
keterlibatan diferensiasi merek juga dapat mempengaruhi seorang konsumen dalam
pengambilan keputusan pembelian suatu produk. Variabel pemikiran konsumen
adalah faktor kognitip yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Tiga tipe
variable pemikiran berperan secara esensial dalam pengambilan keputusan, antara
lain persepsi karateristik merk, sikap lanjutan terhadap merk dan manfaat
keinginan konsumen. Ini merupakan juga hasil akhir proses konsumen keputusan
konsumen.
kasus y mana mbak......
BalasHapushttp://chaendablex.blogspot.com/2014/04/keindahan-kerajinan-kubah-masjid-tembaga.html